Pages


Jumat, 10 Juni 2011

Dukungan Caden, Banyak Ditemukan KTP Ganda



PRINGSEWU - Panitia Pungutan Suara (PPS) menemukan adanya KTP ganda dan salinan fotocopi terindikasi bermasalah, saat memverifikasi administrasi dukungan calon perseorangan (independenn). Ini seperti ditemukan PPS di Pekon Waringinsari dan Pekon Sukoharjo I, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu.

Ketua PPS Waringinsari, Pujianto mengatakan, dari 926 salinan fotocopi yang harus diverifikasi terdapat dobel salinan fotocopi KTP. "Jumlah pastinya belum bisa dipastikan karena masih dalam proses verifikasi faktual. Dimana  nantinya dari hasil verifikasi akan diserahkan ke PPK terlebih dahulu,” katanya.

Ditambahkannya, untuk proses verifikasi diberlakukan kepada para pegawai negeri sipil, TNI dan Polri. “Untuk PNS, anggota TNI dan Polri dukungan canden secara otomatis dianulir alias dicoret. Ini sesuai ketetapan UU No 32 tahun 2004 dan edaran Menpan 07 tahun 2009 tentang netralitas pegawai negeri sipil dalam pilkada, serta PP 53 tahun 2010,” bebernya.

Senada diungkapkan Agus Purwanto, Ketua PPS Sukoharjo I, KTP dobel juga ditemukan di wilayahnya. “Jumlah dukungan yang harus diverifikasi di Pekon Sukoharjo I, ada sekitar 393 dukungan. Saat ini masih dalam proses verifikasi guna mendapatkan data yang valid,” ujarnya.
Ketua PPK Sukoharjo, Nur Aminudin mengatakan, jumlah dukungan caden di Kecamatan Sukoharjo sekitar 6.000 lebih yang tersebar di 10 pekon. Kecuali tiga pekon yaitu Pekon Sukoyoso, Sukoharjo II dan Sinarbaru. Menurutnya, tanggal 1 hingga 3 Juni dilakukan verifikasi administrasi ditingkat PPS. Dari tanggal 4 sampai 12 Juni verifikasi faktual oleh PPS serta 13 sampai 19 Juni ditingkat PPK.

Ketua KPU Pringsewu Warsito, S.T., mengatakan, berkaitan dengan dukungan calon perseorangan yang terindikasi bermasalah dikembalikan kepada peraturan yang berlaku. “Setelah proses verifikasi selesai dan data disampaikan ke KPU melaui PPK, ternyata tidak memenuhi syarat maka calon tersebut akan dianulir,” jelasnya.

Dukungan minimal calon perseorangan bisa lolos dan maju dalam pilkada Pringsewu yakni 18.893 yang tersebar di delapan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu. (Sumber: radartanggamus.co.id/kim)

0 komentar: