Pages


Selasa, 21 Juni 2011

4 Balon Sudah Ambil Berkas Pencalonan

PRINGSEWU, Sebanyak empat bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 28 September 2011 mengambil berkas pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu Lampung.

"Pengambilan serta penyerahan berkas pencalonan bakal calon dari unsur partai mulai dibuka hari ini 20 hingga 26 Juni mendatang," ujar Ketua KPU Pringsewu, Warsito, di Pringsewu, Senin (20/06).

Menurut dia, pengambilan berkas masih dapat diwakilkan, namun untuk penyerahan berkas pendaftaran bakal calon harus datang dan didampingi partai pengusungnya. "Sampai saat ini baru empat bakal calon atas nama calon tersebut bukannya dari tim partai pengusung," terang dia.

Ia mengatakan, empat bakal calon itu diantaranya Sujadi Sadad, Ririn Kuswantari, Tugiyo, dan Sinun Gatot Wiryono dari bakal calon independen atau perseorangan. "Keempat bakal calon tersebut mendaftar masih berdasarkan nama mereka belum memakai partai pengusung," ujar dia.

Sedangkan untuk bakal calon dari perseorangan, ia menerangkan hingga saat ini persyaratan calon independen atau perseorangan masih diverifikasi oleh penyelenggara pemilu dalam hal itu KPU dan perangkat lainnya seperti PPK serta PPS.

Sementara itu, untuk calon dari unsur partai setelah penyerahan berkas akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual dari bakal calon tersebut selama 21 hari. "Verifikasi berkas pencalonan dan dukungan tersebut dimulai 27 Juni mendatang atau setelah masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada September mendatang," kata dia.

Menurutnya pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dari partai politik atau gabungan partai persyaratan pendaftaran yaitu memperoleh kursi pada Pemilu Legislatif tahun 2009 sedikitnya 15 persen dari kursi di DPRD setempat.

Hingga pukul 15.56 WIB bakal calon yang sudah mengambil formulir atau berkas pencalonan baru empat orang dan satu partai yaitu DPC PDI Perjuangan Pringsewu mengambil mengambil berkas pencalonan. (Sumber: rakyatlampung.co.id)

0 komentar: